PNS Basarnas berhasil mendaki 7 Summits Indonesia

List pendaki yang berhasil menuntaskan pendakian di tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar Indonesia atau The Seven Summits of Indonesia, kembali bertambah. Adalah Akbar Jaya Pribadi seorang pendaki asal Depok, Jawa Barat berhasil melakukannya. Pendaki berusia 39 tahun ini memulai debut pendakian The Seven Summits of Indonesianya dengan meraih puncak Rinjani pada tanggal 16 Agustus 2013 melewati jalur Sembalun dan menamatkan tujuh puncak nya di puncak Carstenzs Pyramid pada tanggal 27 April 2024, dengan demikian dia menyelesaikan sirkuit pendakian 7 summits Indonesianya dalam rentang waktu 10 tahun 9 bulan.

Pria yang sehari-hari nya ini bekerja sebagai PNS Basarnas mengaku pengalaman yang paling menarik dalam mendaki jejeran 7 pucak tersebut menurut dia adalah saat pendakian ke Carstenzs karena melibatkan pendakian teknis dengan peralatan pemanjatan tebing, ini berbeda dengan ke enam gunung lainnya. Bapak dari dua orang anak ini mengaku keluarganya mendukung keputusannya waktu berniat akan mendaki tujuh puncak tersebut.

“Biaya dan waktu, usaha yang lebih untuk dapat menabung dan menyisihkan waktu sebagai seorang PNS yang memiliki waktu cuti terbatas.” Ujarnya saat ditanya hambatan-hambatan yang dia temui saat proses pendakian seven summits nya. Kepada para pendaki yang masih dalam proses penyelesaian pendakian seven summits Indonesianya Akbar berpesan agar tetap menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga dan memperhatikan asupan makanan. Mempelajari manajemen pendakian, mengutamakan keselamatan, menjaga kebersihan dan melestarikan alam.