Rekor pendaki pria tertua terbaru

‘Saya sudah memiliki dua orang cucu,” demikian ungkap Mulyono saat ditanya tentang keluarganya. Mulyono pria berusia 66 tahun ini baru saja selesai menuntaskan pendakian Seven Summits Indonesia nya. Pria pensiunan Jasa marga yang berdomisili di Bandung ini menyelesaikan pendakian ke tujuh puncak tersebut dalam kurun waktu enam tahun Sembilan bulan. Memulainya di puncak Semeru pada tanggal 16 Juli 2017 dan menamatkannya di puncak Carstenzs pada tanggal 27 April 2024.

Mengaku mengetahui perihal seven summits Indonesia dari media dan informasi temannya telah memberikan trigger bagi dirinya untuk menjadi pendaki tertua yang berhasil mendaki ke tujuh puncak gunung tersebut.

“Sebelum melakukan pendakian 7 Summit Indonesia harus mempersiapkan fisik, mental, keselamatan, disiplin dengan peraturan pendakian, mempelajari karakteristik gunung yang akan di daki dengan melihat dan membaca pengalaman pendaki terlebih dahulu.” Ungkap Mulyono terkait mengenai persiapan yang menurutnya penting dilakukan dalam mendaki ke tujuh puncak tersebut.

Dengan demikian Mulyono resmi menggeser rekor pendaki pria tertua yang berhasil mendaki tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/kepulauan besar Indonesia yang sebelumnya dipegang oleh Agam Napitulu yang berhasil menamatkan tujuh puncak tersebut pada usia 63 tahun, sedangkan Mulyono berhasil menamatkan ke tujuh puncak tersebut dalam usia 66 tahun.

Selamat untuk pak Mulyono atas pencapaian nya.