Pedagang asal Pagar Alam mencapai 7 summits Indonesia

Mashar demikian nama dari seorang pria asal Para Alam, Sumatera Selatan yang berhasil melaksanakan pencapaiannya mencaki ke tujuh puncak dari The Seven Summits of Indonesia. Pria yang mengaku berprofesi sebagai pedagang ini berhasil melakukannya dalam kurun waktu dua tahun empat bulan, yang dia mulai dengan mencapai puncak Mahameru pada tanggal 01 Juni 2021 dan menamatkannya di puncak Carstensz Pyramid pada tanggal 24 September 2023.

“Carstenzs, medan pendakiannya   yang sulit, dan aksesnya yang susah”, aku Mashar saat ditanya puncak gunung yang paling berkesan bagi dirinya. Dia juga menjelaskan dengan adanya konsep seven summits Indonesia ini kita bisa belajar tentang keanekaragaman dan perbedaan budaya negeri kita, serta berharap akan lebih banyak lagi pendaki yang bisa menuntaskan seven summits Indonesia.

Dari kaki Gunung Dempo, Mashar berharap kepada para pendaki agar tidak merusak dan mencemari alam dan mulailah disiplin kebersihan di gunung dari diri sendiri kemudian bisa menularkannya pada orang-orang disekitar kita, jangan ragu untuk mengingatkan para pendaki yang uang sampah sembarangan dan mengotori gunung.